HOME LABEL

  • Home
  • Memperkuat Sinyal Modem dengan Antena Yagi - Parabola Mini Rakitan

     *Bila pemula bikin antena yagi induksi
                Dengan niat untuk memperoleh sinyal 3G atau HSDPA karena sebelumnya hanya mendapatkan sinyal full EDGE namun dirasa kurang mantap, dan  berbekal hasil browsing di google dengan menggunakan keyword memperkuat sinyal modem, akhirnya menentukan membaca beberapa website atau blog yang membahas cukup rinci tentang hal ini, sehingga tentunya bisa dijadikan dasar atau bahan rujukan, walau hasilnya tidak sama persis dengan yang dibuat ini.
                 Adapun di antaranya yaitu membahas memperkuat sinyal modem menggunakan antena Yagi induksi. Di buat induksi karena modem yang ada tidak terdapat slot konektor eksternal antena seperti model lainnya. Berikut antena yagi induksi rakitan yang coba saya buat dari bekas antena tv model lama yg sudah tidak terpakai lagi. Hasilnya modem saya yang semula hanya menangkap sinyal EDGE dan sesekali sinyal 3G,  dengan mencoba memakai  antena jenis ini mendapat sinyal 3G/WCDMA sekitar 1-2 bar kualitas cukup baik, dengan jarak BTS 2 - 3 km. 
               Antena pertama yang coba digunakan ini, tanpa banyak merubah bentuk dari antena tv semula, hanya merubah panjang masing-masing elemen batangan kecil antena sehingga panjangnya berbeda-beda, dan membuat terminal antena yg menghubungkan antara kabel antena tv (coaxial 50 ohm) dengan media induksi (papan pcb kecil)  buatan sendiri, yang kemudian disatukan dengan modem dekat komputer. 
    Silahkan di lihat:


                                                  Gbr. antena Yagi rakitan

    *Antena parabola mini kualitas maksi
                Dihari lainnya, saya mencoba menggunakan parabola mini tv berlangganan bekas, yang didapat dari pengumpul/ loakan dengan harga hemat,  dan menggunakan kabel UTP 10 meter sebagai konektor yang telah dimiliki.
    Menggunakan antena jenis ini berarti modem akan ditempatkan di luar ruangan. 
                Dengan hanya sedikit modifikasi, khususnya untuk penempatan  modem pada LNB yang ada, maka antena ini sudah bisa dirasakan fungsinya. Dari hasil penggunaan didapat sinyal yang sangat signifikan yaitu 5 baris atau full bar sekemampuan modem, dan ini dicoba pula untuk diarahkan kepada BTS yang terjauh dari lokasi kurang lebih 5 - 10 km, sinyal tetap penuh. 
    Berikut gambar antena yang ada :

          Gbr. antena parabola mini hemat

    *Sinyal si Yagi  dan si ParMin

                                 
                                

    Untuk gambar yang lebih jelas bisa klik di sini >>  antEnA_Ku

                                
                  Demikian catatan kecil ini dibuat, semoga bermanfaat. Salam senyum!!


    15 comments:

    1. berapa ya harga antenanya??

      ReplyDelete
      Replies
      1. kebetulan klo antena model yagi bikin dari antena tv bekas dirumah, dan antena parabola mini beli ditukang loakan kurang lebih 60ribuan..selebihnya hasil kreasi sendiri Maz! )

        Delete
    2. Gan, gambarnya setelah di download rusak. bisa tolong diperbaiki gan? Untuk modem. Itu tinggal tempel di antene parabolanya gan? Mohon penjelasannya lebih detil. Maklum Gan, saya gaptek.

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk penempatan modem yaitu tinggal kita taruh ditempat yang sudah ada(=LNB/dudukan pemancar)pd parabola mini bekas tv berlangganan tsb, tentunya dengan sedikit modifikasi ringan agar modem bisa masuk..atau bisa juga kita gunakan pipa kecil yg bisa muat dimasukan modem ,atau juga benda lain yg intinya agar modem kita terhindar dari kemasukan air ..untuk membuat fokus agar sinyal modem ter-arah sesuai pantulan parabola, maka bagian luar yg berisi modem, sebaiknya dibungkus aluminium foil kecuali bagian bawah modem yg menghadap ke parabola..+kebetulan aluminuim foil yg sy gunakan yaitu bahan yg biasa untuk menuntup seng/genteng yg bocor :D..smg infonya membantu! :)

        Delete
    3. gan kalau cdma bisa gax??

      mohon di jwb

      ReplyDelete
    4. parabola merupakan reflektor (pemantul), sehingga untuk mendapat hasil maksimal parabola harus diarahkan ke BTS provider yg kita gunakan atau arah dimana sinyal (bar) terkuat.

      ReplyDelete
    5. Nice post, Gan. Kebetulan lg nyari yang beginiaan
      http://mr-emmas.blogspot.com/2014/05/tips-dan-trik.html

      ReplyDelete
    6. trims pak (Guru), semoga bisa bermanfaat :)

      ReplyDelete
    7. Wah info yang lumaya bagus, tapi saya buat yang lebih beda dan lebih ekstreme lho gann. sekedar berbagi ilmu tentang antena modem kunjungi http://ekstremeantena.blogspot.com/

      ReplyDelete
      Replies
      1. inovasi yg sangat bagus mas!! terima kasih sudah mau berbagi ilmu :)

        Delete
    8. Maaf gan.
      Untuk parabola itu apa bisa menggunakan kabel pigtail soalnya mau d kaitkan k router???

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pada prinsipnya sama dengan antena jenis lain yg bisa menggunakan kabel pigtail, jadi jenis antena memanfaatkan parabola ini bisa menggunakan pigtail dan memang sebelum saya merubah isi LNB parabola dengan modem, isi dari LNB menggunakan prinsip kabel pigtail

        Delete
    9. Mas, klo modemnya ga ditaruh di LNB parabola bisa ga? Takut cepet rusak klo ditaruh di luar rumah, kena panas & hujan terus. Ga ditaruh di luar aja suhunya dah lumayan panas, apalagi dijemur siang-siang di sini. Apa ga bikin cepet korosi di konektor modem juga ? Bikin yang bener-bener waterproof kan susah, soalnya uap air kan susah dicegah masuk..

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo modem bukan ditaruh di LNB, saran saya menggunakan antena jenis yagi, modem tetap tercolok pada perangkat PC. Mengenai suhu dan korosi serta uap air hal yg sudah pasti ada namun saya rasa dalam tahap toleransi yaitu tidak mengganggu/ merusak perangkat tentunya terlebih dahulu berusaha menutup perangkat dengan baik sehingga terhindar dari masuknya air (hujan) secara langsung.

        Delete