HOME LABEL

  • Home
  • Ping Sederhana Untuk Koneksi Internet

            Melakukan Ping untuk koneksi internet dapat dilakukan secara mudah.  Berbagai software yg tersedia bisa digunakan untuk mempertahankan interaksi aliran data masuk-receive (in) dan data keluar-send (out), baik secara statis ataupun dinamis, dan biasanya dimanfaatkan oleh para pengguna provider tertentu untuk mengatasi masalah kualitas internet yg kurang baik.

            Berikut cara sederhana nge-Ping yg bisa coba digunakan secara langsung pada windows di komputer  :


             Cukup pilih menu 'RUN' atau tekan Windows + R, ketikan sebuah alamat ip address yg diawali tulisan ping, baik berupa angka ataupun huruf, sebagai misalnya seperti: ping yahoo.com -t -l 1  atau google ping 27.0.0.1 -t   , maka akan muncul data statik yg ada.

             Dapat dijabarkan semakin kecil angka (downtime) yg ditunjukan; time= ataupun TTL=, menandakan responsifitas dan kualitas jaringan yg baik, sehingga delay serta ukuran in-out byte data yg digunakan untuk interaksi ping pun semakin kecil. Pada beberapa aplikasi delay kecil sangat bermanfaat, misalnya aplikasi pada network game, voice dan video conference. Maka untuk melakukan ping kita harus bisa memanfaatkan 'alamat web' yg bisa kita jadikan rujukan.

            Pada dasarnya melakukan ping dapat digunakan untuk beberapa fungsi, diantaranya untuk mengecek status nyala (up) komputer client atau yg berada dalam satu jaringan di suatu lokasi, yang mana bila komputer tersebut nyala maka akan memberikan respon terhadap perintah ping yg diberikan.

    Semoga bermanfaat. Salam Senyum.




    1 comment: