HOME LABEL

  • Home
  • Reviews Windows 10 Preview Build 9926


    Apakah Anda seorang pengguna Windows 8 ?  atau masih menggunakan Windows 7? selanjutnya mungkin anda akan menyukai Windows 10.

    Berikut sekilas review tentang windows 10 preview build 9926.

    Selama beberapa tahun sejak Windows 7 dirilis, Microsoft telah membuat sistem operasi PC yang jauh lebih memahami kebutuhan pengguna dan menyediakan basis sistem operasi dengan karakter kuat hingga memunculkan tampilan fitur smartphone yang dapat digunakan pada perangkat mobile seperti tablet dan windows phone.


    Banyak fitur-fitur baru yang lebih modern dimulai debutnya melalui Windows 8, tapi tenyata sistem ini masih belum bekerja dengan sempurna.

    Kali ini microsoft kembali hadir dengan Windows 10, sebagai jawaban microsoft untuk perbaikan bug berusia 15 tahun dan sangat serius untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang akan akrab lagi bagi pengguna Windows 7,
    tapi tidak berkompromi pada fitur-fitur modern yang harus ada, sehingga menjadi relevan dengan kondisi saat ini yaitu tampilan menggunakan fitur pilihan yg ada pada windows 8 yang memang lebih baik dan juga dengan fitur yang memang benar-benar baru*. 
    *Ya! pada windows 10 juga bukan hanya tentang memperbaiki 'kesalahan' - Windows 8 yang masih hangat, namun juga akan ada fitur baru yang membuat pengguna Windows 8 akan suka.
    (Catatan: microsoft memang sama sekali melewatkan Windows 9).


    Langsung saja, pada saat mulai, menu pojok kiri terlihat jendela start menu windows 10 berbentuk ukuran kecil ,ada pun sub-menu didalamnya akan menemukan daftar aplikasi yang paling sering digunakan, folder yang paling sering dikunjungi dan software baru ditambahkan. Ada juga tombol yang akan menampilkan semua aplikasi anda gunakan dalam satu daftar.
    Sampai sini windows 7 sangat terasa mendominasi dibanding windows 8. Kesimpulan sementara windows 10 memiliki Start Menu, seperti layaknya windows 7 namun dengan tampilan sudah lebih baik.


    Pada bagian kanan Start Menu, dapat dilihat tampilan jendela dengan menu besar dalam satu tampilan jendela menu, layaknya windows 8 yaitu tampilan aplikasi atau fitur yang dapat diatur sesuai keinginan, sehingga apabila di hidupkan (online) akan ada notifikasi yang menunjukkan pembaharuan atau update, seperti harga saham terbaru, acara terakhir yang Anda sedang menonton di Netflix, update media sosial, cuaca, berita dan lainnya. .



    Windows 10 memberikan beberapa perubahan desain yang bagi pengguna Windows 7 diharapkan akan menyukainya. Misalnya, ikon taskbar menampilkan sinar di bagian bawah ketika mereka dibuka, tapi hanya ikon aplikasi yang sedang digunakan yang benar-benar disorot, sehingga perpindahan dari jendela atau tab satu, ke jendela lainnya lebih mudah dan tidak membingungkan.



    Pada ikon folder juga ditampilkan kesan lebih baik dan mewah, sehingga lebih mudah untuk melihat isi folder sekilas sebelum Anda membukanya. Task manager juga jauh lebih sederhana untuk digunakan.


    Windows 10 juga menampilkan fitur baru yang keren yaitu Cortana. Fitur ini secara default langsung tersedia pada halaman awal disamping icon jendela windows 10, berupa kolom searching bertulis "ask me anything" atau yang lebih dikenal fungsinya untuk pencarian. Cortana dapat digunakan dengan mengetikan kata, dan dapat pula digunakan cukup dengan voice command atau perintah suara sehingga pengguna akan lebih mudah untuk menggunakannya tanpa harus mengetik pada kolom tersebut. kelebihannya adalah fitur ini dapat berinteraksi dengan pengguna layaknya seorang robot asisten. Seperti pada google now, kemampuan cortana dapat terus diasah. Semakain sering digunakan semakin banyak pula dapat 'mengingat dan mempelajari' secara lebih baik tentang pengguna nya.
    Pada penggunaan laptop atau windows tablet,  sistem operasi ini memiliki fitur "mode tablet" yang dapat dipilih ketika sebuah perangkat tidak ada keyboard atau mouse. Fitur ini berfungsi seperti ketika sebuah pc tablet dilepaskan dari dongle keyboard nya, maka secara otomatis opsi fitur ini akan tersedia.


    Secara mudah dapat dijelaskan pula, sistem ini tidak memiliki perbedaan tampilan baik pada perangkat versi desktop dan versi mobile seperti pada windows 8, microsoft memilih untuk membuat basic sistem windows 10 desktop dan untuk perangkat lain diatasnya, menjadi satu versi sistem yg dapat digunakan pada semua perangkat dan lebih ramah jari, sehingga tampilan pengguna dekstop sama dengan penggunaan pada windows phone, seperti pemberitahuan dan akses ke pengaturan yang lebih cepat dan berguna, yaitu kontrol kecerahan, mode pesawat, Wi-Fi, lokasi dan lainnya, seperti yang terlihat pada gambar diatas berikut.
    Tak diragukan lagi windows 10 juga membawa perubahan yang lebih baik dari Windows 8, jadi bagaimana jika pengguna sudah merasa betah dengan Windows 8?, maka semestinya tidak akan khawatir ketika ingin upgrade ke windows 10. Semoga bermanfaat

    No comments:

    Post a Comment