HOME LABEL

  • Home
  • HJ Split : Memecah File Berukuran Besar


         
        Memecah file berukuran besar menjadi beberapa file kecil sehingga mudah untuk ditransfer ke media penyimpanan lain ataupun online (mediafire, 4shrare, Mega, etc) dalam ukuran file original yang besar (gigabyte) terkadang menimbulkan sedikit kendala, seperti kapasitas ruang penyimpanan yg terbatas, kecepatan internet upload-download yg kurang baik, dll. 
    Seperti pula misalnya file yang berukuran besar akan terasa sulit dikirimkan kepada teman melalui email. Hal ini diakibatkan setiap penyedia jasa layanan email memiliki batasan ukuran tertentu untuk besar file yang dikirimkan maupun yang diterima (file attachment). Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, banyak orang menggunakan metode kompresi (winrar,winzip, dll) agar ukuran file mengecil. Namun, bila dengan metode kompresi ukuran file masih terasa terlalu besar, metode untuk memecah file, mungkin menjadi langkah satu-satunya yang bisa anda andalkan. Salah satu tool yang dapat melakukannya adalah HJ-Split (File Splite).


         Tool ini sangat mudah digunakan sehingga bagi pemula sekalipun, tidak akan menemukan kesulitan berarti. Penampilannya pun juga tidak akan membingungkan karena penempatan fungsi-fungsinya sudah tersusun dengan rapi. Mulai dari proses pengaturan setting sampai proses split, merge, dan compare dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
          Untuk memecah file misalnya, secara mudah dilakukan dengan mengklik tulisan split kemudian Input File pilih file yang akan dipecah menjadi beberapa bagian, lalu tentukan Output atau di folder mana file yg telah dipecah tersebut diletakkan. Selanjutnya tentukan split file size atau berapa besaran ukuran file yang ingin dipotong, misal untuk sebuah file yang berukuran 3 Gb yang akan dipecah menjadi 6 bagian maka kolom tersebut bisa diisikan 500 Mbytes. Selain itu, tool juga tidak hanya mampu memecah sebuah file saja, melainkan juga folder. Folder yang memiliki banyak file didalamnya, dapat anda satukan dan dipecah menjadi beberapa file melalui tool ini.
    Sementara untuk proses penggabungannya kembali, juga tetap mudah dilakukan, bahkan dengan metode self-merging, anda tidak perlu membuka FileSplit untuk menggabungkan file-file tersebut. 

    Download Link >> HJSplit is a popular freeware program to split and recombine files. The program is available on Windows, Linux and a variety of other platforms.#chip_praktek


    No comments:

    Post a Comment