HOME LABEL

  • Home
  • Re-install atau instal Ulang Windows 8.x

          Berikut review pribadi yang saya tulis tentang bagaimana cara re-install atau instal ulang windows 8.x pada perangkat mini pc yg tersedia, berupa recovery; pengaturan awal atau default produsen (reset) maupun pergantian sistem operasi (OS) lainnya. Harap postingan ini dibaca sampai habis terlebih dahulu.

    Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut:

    untuk pertama kali ketika akan melakukan re-install sebaiknya matikan perangkat network yang ada terlebih dahulu, seperti perangkat wifi maupun yg terkoneksi dengan jaringan internet, untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan. Setelah semua nya siap, pilih halaman menu pc setting, maka akan muncul opsi-opsi pilihan. Pada menu ini, pilih sub-menu Update dan recovery atau dapat dilihat pada gambar dibawah berikut,



    maka pada tampilkan berikutnya terdapat beberapa sub menu, lalu pilih Recovery. Pada menu ini terdapat 3 sub menu yaitu ;

    1. Refresh your PC with affecting your files
    2. Remove everything and re install windows, dan
    3. Advanced startup.





    Disini saya akan mencoba menjabarkan ketiga menu opsional atau pilihan tersebut untuk me-recovery perangkat sehingga sesuai kebutuhan pengguna.

    1. Refresh your PC with affecting your files, klik get started untuk menjalankan opsi ini, yang bertujuan agar sistem kembali kepada setingan awal perangkat windows 8.x, namun apabila telah terpasang update/ pembaharuan seperti registry maupun driver terbaru pada sistem operasi windows 8.x oleh micrososft, maka file tersebut tidak akan terhapus, seperti yang terlihat pada gambar berikut,


    klik Next, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang diperlukan untuk instal ulang, sebagaimana  kondisi sebelum kita memutuskan untuk mengambil tindakan opsi ini. Silahkan next, jika ingin melanjutkan atau file software-software tersebut dirasa telah siap.



    2. Remove everything and re install windows, atau disini saya menyebutnya opsi standar reset kemabali kepada default factory. ketika meng-klik akan ditemui loading sistem beberapa saat hingga muncul pemberitahuan;


     
    tulisan reset your pc diatas berisi penjelasan tentang apa yang akan terjadi ketika memilih opsi ini, dalam tahap ini lebih bersifat hanya sebatas peringatan ringan. Untuk melanjutkan - klik next, atau ketika pengguna berubah pikiran, untuk membatalkan, klik cancel. Setelah klik next, pada tahap selanjutnya terdapat dua opsi re-install yaitu:

    pilihan pertama berupa tulisan Just remove my files; untuk menghapus semua aplikasi yang terpasang maupun semua file pembaharuan pada sistem OS windows 8.x oleh microsoft, serta menghapus semua file pribadi yg terdapat pada drive internal (seluruh isi atau folder pada drive C), menghapus lebih lengkap daripada opsi Refresh your PC with affecting your files atau pilihan recovery opsi pertama. Hal ini bisa juga dilakukan ketika banyak file windows yang telah terinfeksi virus.  
    File atau data pada media penyimpanan external (micro sd, hardisk external) tidak akan terhapus atau tetap aman. 


    Sebagai contoh disini saya menggunakan perangkat meegopad T02, yang basic sistem operasi (default factory) nya adalah windows 8.1 with chinese language dan ketika memilih opsi just remove my files, maka windows yang ada kembali pada basic default bawaan produsen tersebut, hanya perlu sedikit pengaturan ulang untuk merubah kebahasa yg lebih dimengerti english-united states (EN-US) yang cara nya telah dijelaskan pada postingan mengubah bahasa default windows 8x ,
    dan windows akan meminta aktivasi ulang apabila windows bawaan produsen belum di aktivasi (oem). Pada intinya opsi ini mengembalikan perangkat seperti sedia kala ketika pertama kali dioperasikan.
    Sebaliknya ketika memilih opsi Fully clean the drive, sistem operasi windows 8.x akan kembali kepada setingan awal bawaan produsen pula, namun semua data yang ada akan turut terhapus baik pada penyimpanan internal maupun ekternal selama perangkat tersebut terhubung*.
     
    *Pada kedua pilihan yang tersedia diatas, sebaiknya pindahkan data internal yang dirasa penting atau lepas sementara media penyimpanan external (micro sd, etc) yang terhubung, untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan.



     3. Advanced startup, atau bisa disebut hard reset. berlaku juga untuk mengganti operasi sistem (OS) yang telah ada, secara manual (use a device). saya pribadi belum pernah melakukan advanced startup. klik menu Continue atau turn off jika tetap menggunakan OS yang telah ada.
    Lebih jelasnya silahkan klik dan tunggu-please wait tampilan menu yang ada sebagai berikut:




    pada tiap perangkat, bisa saja memiliki tampilan sub-menu Advanced startup atau Windows 8 boot options menu yang berbeda, seperti yang bisa dilihat pada kedua gambar sub-menu advanced startup, dimana pada tampilan sub menu pada perangkat lain (notebook) terdapat opsi Use another operating system. Pada dasarnya semua perangkat windows 8.x memiliki tampilan menu yang sama, berbeda dikarenakan sesuai keinginan produsen perangkat yang membatasi menu tersebut yaitu hasil kerjasama dengan pengembang OS, untuk menyesuaikan spesifikasi hardware yang digunakan, sehingga perangkat berjalan optimal.



    Use another operating system, juga memungkinkan bisa melakukan instalasi dual OS ( Windows/Android/linux) seperti pada perangkat mini PC stik yg menggunakan dual OS (Windows 8 dan android jelly bean bawaan produsen) dan memungkinkan dual OS pada perangkat sejenis lainnya, dalam hal ini pada meegopad T02 dengan sedikit utak atik karena kedua versi memiliki hardware yang sama.
    *sistem operasi non-default factory maupun Dual OS memiliki konsekwensi kelebihan dan kekurangan yang berpengaruh kepada kestabilan sistem perangkat.
    Semoga bermanfaat

    4 comments:

    1. kalau reset pc data yang hilang cuman di drive c atau semua data d dan f ??

      ReplyDelete
    2. reset pc artinya mengembalikan kepada setingan awal windows 8.x seperti ketika pertama kali OS telah diinstal, perlu seting jam ulang, bahasa, dan standar lainnya (bukan seting default pabrik tanpa OS sama sekali) dan akan menghapus semua data yg ada pada drive C, sedang drive lainnya tidak akan terhapus. Biasanya pada saat akan me-reset akan ada notifikasi/pemberitahuan terlebih dahulu tentang tujuan/ resiko reset

      ReplyDelete
    3. mau tanya gan, ane abis nge crack laptop ane 'Hp' dari win8 ke win8.1. tapi saya disini mau install ulang sperti cara di atas.. apakah akan mengembalikan os seperti semula bersihbersih dari pabrik. apakah bisa gan? posisi windows8 os OEM

      ReplyDelete
    4. Cara diatas biasa di gunakan pada perangkat mini pc, tablet pc aupun smartphone, untuk penggunaan PC/ laptop biasa digunakan bagi yg didalam drive penyimpanan nya telah memiliki back up/ windows instaler sehingga instal ulang bisa mengikuti langkah diatas

      ReplyDelete